“Sisi lain Anis Matta yang kulihat” | Catatan Akhwat

by Hilya Rosa

Masih tentang oleh-oleh dari acara PKS kemarin… Setelah dari acara temu kader PKS di Horizon Semarang, aku diajak temanku ke GOR Jatidiri untuk mengikuti deklarasi peserta pilgub Jateng, HP-DON, (Minggu, 17/3/2013). Sekalian saja dah. Karena sudah “terlanjur” kuikuti saja ajakan temanku tersebut. Lagian seperti apa sih suasana disana.
 
***
 
 
Sesampainya disana ternyata kondisinya sangat meriah. Riuh suara kader dan simpatisan dari partai pengusung DON-Murdono membahana memenuhi GOR. Berisik tapi seru juga…. Banyak hal yang bisa dilihat disitu. Dari atraksi barongsai, marching band dari Gerindra sampai dengan hiburan tari-tarian. Dan tentu saja deklarasi dan pidato dari Calon Gubernur maupun orasi dari beberapa pimpinan partai koalisi. Yang saya lihat disana ada Presiden PKS, Ust. Anis Matta, Prabowo Subianto dari Gerindra, Muhaimin Iskandar dari PKB dan lain-lain.
 
Dari semua rangkaian acara yang kuikuti… ada satu hal yang sangat termemori dibenakku, yaitu tentang Ustad Anis Matta, presiden PKS yang baru itu.
 
Ada satu sisi lain dari Beliau yang Alhamdulillah …Allah menunjukkan kepadaku tentang sebuah hikmah. Sikap zuhud dan amanah terhadap sesuatu.
 
***
 
Ceritanya begini… Ketika Prabowo berorasi… pimpinan partai dari partai koalisi diminta naik ke panggung untuk berorasi setelahnya. Pada saat pimpinan partai lain berjalan menuju panggung, kulihat Ust. Anis Matta agak “kebingungan…” Ternyata beliau mencari dan memanggil salah satu anggota PKS dibelakangnya untuk memberikan botol aqua yang sedang dibawanya. Aqua yang tinggal separo itu merupakan minuman jamuan yang disediakan oleh panitia.
 
Subhanallah… hanya untuk sebuah botol aqua yang tinggal separo itu, beliau sampai terlihat “sibuk” untuk menyelamatkannya. Dan yang membuat aku kagum lagi… (kebetulan juga) pas mau pulang… kulihat rombongan DPP PKS yang naik bus bersiap untuk meninggalkan lokasi acara. Terlihat beliau sedang meminum botol aqua yang tinggal setengah tadi! Kalau aku biasanya menyepelekan hal seperti itu. Sisa aqua yung kuminum biasanya kutinggalkan begitu saja. Astaghfirullah …
 
Hikmah yang bisa kuambil antara lain:
 
1. Sikap beliau itu bukanlah sesuatu hal yang dibuat-buat. Itu tercermin sikap beliau yang muncul secara alamiah karena sudah menjadi akhlak beliau.
 
2. Sikap zuhud beliau yang tidak memubadzirkan sesuatu.
 
3. Amanahnya beliau terkait dengan sesuatu hal. Bahkan barangkali itu menjadi hal sepele bagi kita. Untuk yang kecil-kecil saja beliau berusaha menjaganya, insya Allah yang besar-besar juga akan dilakukannya.

*https://www.facebook.com/notes/hilya-rosa/sisi-lain-anis-matta/113671692157810

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s